Yuk…, Berburu Gratisan di Macau


“Gratis”
Siapa sih yang tidak suka dengan kata itu…? Hayoo… ngaku, Sobat juga pasti setuju denganku kan?! :)
Memang sih tidak semua orang punya pemikiran seperti itu. Tapi jujur ya Sob…, Untuk aku pribadi segala sesuatu yang mendapatkan akhiran “gratis” itu terlihat sangat menarik dan rasanya sangat rugi untuk dilewatkan hihihi. 

Eh tapi  perlu digaris bawahi, Gratis yang aku maksudkan disini bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh tanpa usaha loh karena tidak ada yang seperti itu, (kalaupun ada maka itu adalah udara yang diberikan Cuma-Cuma oleh Tuhan) “Thanks God”.

Oke jadi sekarang paham kan kalau Sobat juga tetap harus mengeluarkan usaha dan tenaga untuk mendapatkan yang Gratis di Macau :) . kalau sudah sepakat kita sekarang kita masuk ke perkenalannya dulu ya.

Prologue : Why Macau.....
Macau - terletak di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, Cina – bersebelahan dengan kota Daratan Zhuhai dan sekitar 60 kilometer di sebelah timur Hong Kong. Terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou.

Macau adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok. Hal itu disebabkan semenjak pertengahan abad 16 bangsa Portugis telah tiba dan menetap di Macau. Karena itulah tak heran jika kemudian di Macau Sobat dapat melihat berbagai arsitektur kota, seni, agama, tradisi, makanan dan masyarakatnya mencerminkan berbagai integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis. *Keren…..


Nama Macau sendiri berasal dari kata “A Ma Gao” yang berarti tempat A Ma (Dewi Pelaut). Orang – orang Portugis kemudian mengadaptasi namanya menjadi yang sekarang kita kenal sebagai “Macau.” 


Keragaman dan keunikan arsitektur serta budaya Macau akhirnya masuk sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Hal itulah yang membuat Macau kini berkembang menjadi tempat wisata bertaraf Internasional.

Nah dari perkenalan diatas paling tidak sekarang sudah semakin tahu tentang Macau kan :) oke tidak perlu berlama-lama kita langsung saja ke intinya. Inilah yang gratis di Macau…..
Cekibrot......

Gratis 1: Bebas Visa
Sebagaimana yang Sobat tahu, visa itu adalah sebuah dokumen perizinan bagi seseorang untuk tinggal di negara orang lain selama kurun waktu tertentu, misalkan 14 hari, 30 hari, 1 tahun atau lebih dari 1 tahun. Tanpa memiliki Visa Sobat tidak bisa tinggal di negeri orang lain sekalipun hanya untuk 1 hari. *walah….

Nah kabar baiknya untuk kita warga Indonesia tidak perlu direpotkan dengan masalah visa ini, karena pemerintah Indonesia dan Macau telah menjalin kerjasama tentang kemudahan visa bagi Turis Indonesia. *Horeeeee

Gratis 2: Keliling Macau dengan Shuttle Bus Gratis
Awalnya sih aku nggak percaya dengan apa yang kudengar, tapi setelah cek sana-sini akhirnya info ini kuakui kebenarannya.
Tapi apakah mereka tidak rugi jika memberikan Bus Shuttle gratis…?
Jawabnya tidak Sobat, justru sebaliknya Macau malah semakin untung. Sekedar info Bus-bus Shuttle gratis itu dioperasikan oleh swasta, tepatnya hotel-hotel ternama di Macau. Karena sekarang di Macau telah hadir banyak hotel kelas internasional mereka kemudian berlomba-lomba memberikan fasilitas menarik untuk calon pelanggannya, dan hasilnya “Buum….!” Macau kini sukses dikenal sebagai tempat pariwisata yang murah transportasinya

Lalu bagaimana cara kita  mendapatkan Fasilitas Bus Gratis..?
Tenang Sobat, sangat mudah untuk menemukan shuttle Bus gratis ini, karena selain jumlahnya yang banyak shuttle bus ini juga memiliki warna-warna unik yang mudah dikenali. Misalnya untuk hotel Venetian shuttle busnya warna biru, sedangkan hotel Wynn warnanya merah dan untuk City of Dream berwarna putih-biru-ungu.
contoh salah satu jadwal shuttle bus milik hotel Venetian Macau

Oh iya, untuk Sobat yang ingin atau akan berwisata ke Macau. Dapat juga memperoleh informasi mengenai peta dan jalur bus yang ada di Macau melalui web yang ada disini http://id.macautourism.gov.mo/corner/macaumap.php

Tips ketika menggunakan Shuttle Bus
  1. Waktu Operasi Shuttle Bus ini adalah dari jam 10 pagi s/d 10 malam
  2. Shuttle Bus tidak berhenti di tempat pemberhentian umum, dan hanya berhenti pada tempat yang telah ditentukan oleh pihak hotel
  3. Teliti sebelum naik, Karena Setiap bus memiliki rute yang bervariasi. Jadi pastikan dahulu kemana tujuan Sobat.

Gratis 3: Wifi Gratis Ada dimana-mana
Ekhem.. sebenarnya terlalu berlebihan kalau dibilang dimana-mana, tapi Percaya deh Sob, sebagian besar tempat wisata di Macau pasti menyediakan akses wifi gratis dan tentunya ngebut. Psst…..dalam Shuttle Bus pun ada wifinya loh :)

Wah… Macau sangat baik hati ya
Jelas…., karena dengan cara ini Pariwisata di Macau akan semakin cepat dikenal dunia.
Kok bisa….?
Karena dengan adanya wifi gratis orang-orang yang telah berfoto di tempat wisata tersebut bisa dengan cepat mengunggahnya ke internet. Nah… bukankah ini cara yang pintar untuk berpromosi…?


Gratis 4: Berkunjung Gratis ke Venesia
Hihihi Sobat mungkin kaget dengan sub judul diatas, tapi percaya deh sebab memang benar Sobat bisa menemukan pesona Venesia di Macau ini.

Lalu Dimanakah Tempat Venesia itu…?
Venesia yang aku maksud itu berada dalam kawasan Venetian Resort yang megahnya luar biasa. Untuk dapat ketempat ini dari Terminal Sobat hanya perlu menaiki Shuttle Bus berwarna biru milik Venetian dan “wussh…..!” 15 menit kemudian bagunan besar nan megah Venetian telah hadir menyambut Sobat.

Sesaat setelah memasuki bangunan ini Sobat mungkin merasa takjub, sebab desain dan arsitektur yang digunakan menggunakan konsep Eropa. Pokoknya di dalamnya Sobat akan benar-benar merasa bukan di Asia deh. *Serius

Venesia buatan yang aku maksud itu ada di dalam Venetian, tidak perlu takut tersesat sebab banyak petunjuk dan orang yang akan membantu Sobat menemukan “San Luca Canal” alias Venesia ala Macau.

Jangan tertipu dengan suasana siang yang cerah di San Luca Canal, karena yang Sobat lihat itu adalah langit-langit buatan yang disinari lampu sehingga jam berapapun Sobat ketempat ini akan tetap seperti siang. *Amazing…

Selain dapat menyaksikan Venesia Sobat juga dapat mencoba naik Gondola yang diimpor langsung dari Italia berikut nelayan eh Gondolier. Tapi untuk pecinta gratisan aku tidak rekomendasikan ya sebab harus bayar sih :D

Gratis 5: Berkunjung Gratis ke Tempat-tempat Wisata Macau
Ketika mengunjungi Negara lain kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menjadi “Landmark” Negara itu, ibaratnya sama seperti kalau ke Jakarta yang belum lengkap jika tidak ke Monas. Nah beruntunglah Turis yang datang Macau, karena banyak tempat-tempat wisata keren yang bisa dikunjungi secara gratis tis tis…..

Senado Square
Kawasan ini merupakan saksi sejarah Macau sebagai pintu masuk negara Barat masuk ke Tiongkok di masa lalu. Karenanya hampir di setiap sudut lapangan ini menampilkan arsitek gedung bergaya Eropa. Untuk yang suka berfoto silahkan narsis sepuasnya :D

Lapangan Senado merupakan salah satu tempat yang paling ramai didatangi di Macau. Lapangan Senando sangat unik karena memiliki jalanan yang terbuat dari batu dan dibentuk dengan pola gelombang (Portuguese Pavement). Konon  desain jalan seperti cukup langka karena biaya dan kerumitannya.

Dengan dikelilingi berbagai bangunan khas Kolonial serta tulisan Portugis dimana-mana tak heran kemudian membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Karena itu untuk Sobat yang ingin mendapatkan merchandise mulai dari boneka, kaos, gantungan kunci, hingga toko roti yang menjual egg tart khas Macau semuanya ada disini (Tapi nggak gratis loh ya… )

Lalu bagaimana cara ketempat ini…?
Gampang kok, Dari Venetian Hotel Sobat nanti dapat menggunakan Shuttle Bus yang menuju ke Macau Square. Kemudian dari sana Sobat hanya perlu berjalan lurus sekitar 100 meter dan “Tadaaa….!” Sobat sudah tiba di Senado Square.


Reruntuhan Gereja St. Paul
Nah ini dia nih Monumen yang menjadi Ikon Macau. Pokoknya jangan pernah ngaku datang ke Macau kalau belum foto di tempat ini. Percaya deh Sob, Kurang afdol rasanya.

Reruntuhan gereja ini telah menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Macau karena keunikannya. Tadinya St. Paul merupakan gereja yang lengkap namun karena terjadi kebakaran hebat pada tahun 1800-an sebagian besar bangunan ini musnah terbakar dan hanya menyisakan bagian depannya saja. Sekarang tempat ini menjelma menjadi ikon pariwisata Macau. *wow…. Kerenn…

Setelah sampai di komplek Gereja, luangkan waktu Sobat menuju ke bagian belakangnya. Karena disana nanti Sobat akan dapat menemukan tangga yang memungkinkan Sobat untuk naik ke atas dan melemparkan koin dari jendela sebagai doa atas harapan akan keberuntungan. *iseng-iseng berhadiah :)

Bagaimana cara berkunjung ke tempat ini….?
Tempat ini letaknya sangat dekat dengan Senado Square, dan bisa didatangi dengan berjalan kaki. Jaraknya kurang lebih sekitar 200 meter. Jangan takut tersesat karena banyak petunjuk  jalan menuju ke tempat ini.


Museum-museum unik di Macau
Museum adalah salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan selama berwisata ke Macau. Selain memuat banyak peninggalan sejarah Sobat juga bisa menemukan berbagai pengalaman menarik lainnya, karena adanya museum yang unik di Macau ini. Museum De Macau yang berada di dekat St Paul, Michael Jackson Gallery, Museum Anggur dan Museum Grand Prix.

Gratis 6: Menikmati Pertunjukan Keren Gratis 
Pertunjukan gratis….? Memangnya ada ya….?
Ada dong..., di Macau itu semuanya mungkin Loh dan hebatnya lagi sekalipun gratis kualitas pertunjukannya  layak diberikan 2 jempol loh.

Karnaval & Pantomim
Untuk pertunjukan ini dapat Sobat temukan di Hotel Venetian. Serunya Sobat bisa berfoto dengan artis-artis dan karakter karnaval yang lainnya :D


Air Mancur dan Dragon Show
Fountain Show itu adalah nama pertunjukan air mancur yang ada di salah satu hotel ternama Macau, Hotel Wynn.  Jangan takut ketinggalan momen ini karena air mancur yang keren ini akan muncul setiap 15 menit sekali.
Kalau Sobat merasa pertunjukannya kurang memukau silahkan masuk kedalam Loby hotel Wynn dan temukan pertunjukan “Dragon Show” yang spektakuler. Dan lagi-lagi tak perlu takut ketinggalan, karena pertunjukan ini diadakan setiap 1 jam sekali :) *keren kan…?!

St Paul Show
Nah kalau yang ini untung-untungan Sob, sebab  walaupun sering ada pertunjukan di kawasan reruntuhan St. Paul ini  jadwalnya tidak pasti.


Nah.. gimana Sob…. Pasti tidak menyangka kan..? Ternyata banyak juga hal gratis yang ditemukan di Macau :D . Tenang Sob, nanti kalau aku sukses ke Macau bakal di update lagi. Kan siapa tau nanti dapat info tentang makanan dan minuman gratis hehehehe
Salam Gretongan....! :D


bukti udah aplod


sumber


Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
oRiN
AUTHOR
September 28, 2014 at 11:32 PM delete

melihat dari sisi yang berbeda... kacamata gratisan... keren nih... mau juga jadinya :D

Reply
avatar
September 29, 2014 at 12:50 AM delete

menarik sekali penyajiannya :) goodluck ya..oleh2nya jgn lupa

Reply
avatar
bedelstress
AUTHOR
September 29, 2014 at 3:54 AM delete

wkwkwkwk......
itulah sudut pandan mrbedel bund :D :D
thanks berat udah mampir

Reply
avatar
bedelstress
AUTHOR
September 29, 2014 at 3:54 AM delete

amin... amin...
smoga beneran bisa kesampean bund :)
thanks doanya :)

Reply
avatar
Indra Bahtiar
AUTHOR
September 29, 2014 at 4:19 PM delete

MANTAP!
Moga menang bro, gw kali ini masih absen :(
Tolong obati galau gw dengan oleh2 Macau ya :)

Syams-X

Reply
avatar